Selasa, 19 Januari 2016

manfaat sholat dalam kehidupan sehari-hari

oleh: misbakhul Ilham
            Abdullah bis Mas’ud mengatakan, “Selagi Engkau mengerjakan sholat, maka Engkau sedang mengetuk pintu Sang Maharaja. Dan barang siapa yang mengetuk pintu Sang Maharaja, niscaya akan di bukakan untuknya.”
            Sesungguhnya, ketika seseorang melakukan sholat, ia akan memetik manfaat tiada tara. Manfaat bagi dirinya dan bagi orang lain. Ia akan membawa dampak positif secara psikologis, fisik, bahkan medis. Saya tidak akan menyebutkan manfaat tersebut secar detail. Saya hanya menyebutkan sebagian saja. Diantara manfaat sholat adalah sebagai berikut:
1. Sebagai sarana taqwiyah (penguatan) jiwa. Dengan menjalankan sholat, jiwa seseorang akan mendapat semangat baru
2. Sebagai peran ‘ubudiyyah (penghambahan) manusia kepada   Allah, sesuai dengan peran dasar penciptaan manusia sebagai mahluk allah.
3. Sebagai sarana I’tizaz (menumbuhkan harga diri). Dengan sholat, seseorang akan merasa bahwa ia bersandar hanya kepada Zat Yang Maha Segalanya.
4. Sebagai rahah nafsiyyah ( rehat jiwa ) dan thuma’ninah ruhiyyah (ketenangan rohani). Menjauhkan manusia dari kelalaian yang memalingkan dari tujuan mulianya.
5. Sebagai sebuah loncatan dari dunia yang sempit ini menuju kepada kehidupan yang sangat luas dan tidak terbatas  sebab, ketika sholat kita tinggalkan segala hal yang berbau dunia.
6. Sebagai sarana mendidik orang untuk hubbunnidham (mencintai aturan) dan mengamalkan aturan itu dengan rapi.
7. Sebagai tarbiyyah khuluqiyyah atau pendidikan moral. Sholat akan menumbuhkan akhlak yang baik dalam smenghidupkan alat kontrol kehidupan, bahwa allah senantiasa mengawasi setiap hamba-Nya.
8. Sholat dapat menumbuhkan jiwa gotong-royong, jiwa persaudaraan, dan kepekaan.Hal ini terjadi karena semua orang yang melaksanakan sholat memiliki derajat yang sama.
  
                          daftar rujukan       
           
  Mustofa, Budiman, 2013. Dahsyatnya Arti Bacaan Sholat. Surakarta: Al-Quds

Tidak ada komentar:

Posting Komentar