Selasa, 19 Januari 2016

hikmah dibalik agama Islam

oleh: Misbakhul Ilham

            Agama Islam merupakan salah satu agama yang ada di Indonesia dan 50% mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Ibadah merupakan unsur mutlak dalam agama. Agama yang intinya adalah keyakinan tentang adanya zat yang berkuasa di atas alam raya, dan kerinduan manusia untuk mengangungkan dan berhubungan dengannya, melahirkan berbagai macam cara pengabdian pemujaan dan ibadah. Dan agama itu pun sendiri merupakan pondasi hidup manusia dalam ketentraman hidupnya. Dalam agama Islam shalat merupakan tiang agama. Karena jikalau seorang tidak mendirikan shalat itu sendiri maka sama saja dia tidak mendirikan agamanya.
Manusia-manusia yang menjalankan tugas dan perintah Allah-lah yang akan mendapatkan ketentraman hati itu sendiri. Pelaksanaan ibadah dalam Islam tidak boleh sampai mengabaikan kewajiban yang berhubungan dengan kebutuhan jasmaniah dan duniawi. Manusia perlu bekerja untuk memenuhi dan mencukupi kebutuhan hidupnya untuk bertahan hidup, karena selain kita ibadah dan berdoa kita juga harus bekerja untuk mencapai tujuan nya. Kita umat islam, perlu bersyukur sebab Allah menganugerahkan kepada kita suatu media yang menghantarkan kita meraih suatu puncak kebahagiaan melalui sholat. Sedangkan banyak orang di bumi ini yang memiliki harta yang melimpah namun tidak bisa merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya.
Dalam sholatterkadang makna bacaan yang sangat dalam. Lebih dalam dari samudra yang kita saksikan, pengaruhnya begitu menghujam dan tertanam dalam kalbukarena itulah para sahabat dan ulama’ salaf shalih begitu menikmati mengerjakan sholat setiap harinya
 Diawali dari tetesan air wudhu yang kita usapkan pada muka, kedua tangankepala, telinga, dan pada kedua kaki kita. Semua anggota wudhu itu merasakan setiap aliran air yang menyentuh pori-pori kulit yang membawa keberkahan, kehangatan dan kedamaian dalam jiwa, juga dalam gerakan sholat yang kita lakukan dari mulai takbirruku, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, duduk tawaruk, dan ketika kita salam yang akan membawa pengaruh bagi kesehatan kita.
              Dalam setiap bacaan yang kita lantunkan semua membawa pengaruh yang luar biasa pada akal, pikiran, perasaan, bahkan perilaku kita. Sholat memang merupakan rangkaian do’a, tapi bukan sekedar do’a, sholat memang sebuah bacaan, tapi bukan sekedar baca’an, ia begitu dahsyat memengaruhi setiap dinding hati dan jiwa kita. ketika kita takbir, ruku, i’tidal, sujud, duduk diantara dua sujud, duduk tawaruk, dan salam. Sebagai tanda purnanya sholat semua gerakan di dalamnya mengandung pengaruh yang sangat luar biasa bagi kesehatan kita. Begitu juga semua bacaan di dalamnya mengandung kedahsyatan makna yang luar biasa. 

daftar rujukan

  Mustofa, Budiman, 2013. Dahsyatnya Arti Bacaan Sholat. Surakarta: Al-Quds

Tidak ada komentar:

Posting Komentar